Jumat, 23 November 2012

Kroya

KROYA, i'm in love...



Mendengar kata Kroya seketika teringat dengan kampung halaman yang penuh dengan kenangan-kenangan indah, suka cita bersama orang tua, keluarga, sahabat, dan teman-teman sepermainan. Namun baru kali ini saya share tentang kota Kroya.

Kroya adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Cilacap, Jawa tengah, Indonesia merupakan kota berkembang & pusat perdagangan di wilayah timur Cilacap. juga merupakan jalur pertemuan antara jalur KA dari arah Bandung-Tasikmalaya dengan jalur KA dari Cirebon (Kejaksan)-Purwokerto.di kota Kroya terdapat sebuah pasar tradisonal yang cukup besar & berada di tempat yang strategis. Kroya berbatasan langsung dengan wilayah banyumas di sebelah utara, Nusawungu di sebelah timur ,kecamatan Adipala di sebelah barat & kecamatan binangun di sebelah selatan.
Secara umum kondisi social ekonomi masyarakat di Kecamatan Kroya berada pada kondisi yang cukup baik, artinya secara prinsipil tidak terdapat tindakan–tindakan yang mengarah pada ancaman disintegrasi bangsa, serta tindakan-tindakan sara khususnya yang mengarah pada perpecahan antar etnis, suku dan agama.
Untuk Kondisi sarana dan prasarana transportasi darat di Kecamatan Kroya secara umum cukup memadai meskipun belum sepenuhnya memenuhi tuntunan kebutuhan yang di harapkan. Fasilitas perhubungan di Kecamatan Kroya meliputi 1 buah terminal dan 1 buah stasiun. Jaringan transportasi darat di Kecamatan Kroya tercatat sepanjang 209,9 km. Kondisi ini tentu saja masih memerlukan peningkatan atau pengembangan demi mendukung percepatan pembangunan yang bergerak cepat. Dilihat dari jenis jalan, maka dapat dirinci sebagai berikut : a. Jalan Beraspal : 110,10 km b. Jalan Keras : 58,50 km c. Jalan Tanah : 62,80 km
Nah, untuk stasiun Kroya, stasiun yang satu ini akan membuat seseorang yang pernah singgah di stasiun ini menjadi rindu dan ingin bisa kembali lagi menyinggahi stasiun ini. Kenapa? karena menurut saya suasananya yang aman, ramah, dan tertib.
Merupakan jalur pertemuan antara jalur KA dari arah Bandung-Tasikmalaya dengan jalur KA dari Cirebon (Kejaksan)-Purwokerto. Hal ini mengakibatkan Stasiun Kroya memiliki tingkat lalu lintas terpadat di Daerah Operasi 5 Purwokerto, dan untuk mengakomodasinya, emplasemen stasiun ini dibuat sepanjang 600 m. Stasiun Kroya merupakan stasiun terbesar di wilayah Kab. Cilacap. Stasiun ini berada dibangun pada zaman belanda pada abad ke-19. Stasiun Kroya berada pada wilayah daerah Operasi V Purwokerto.

Guna mendukung iklim investasi di Kabupaten Cilacap serta kegiatan industri dan perdagangan, tersedia fasilitas pasar baik milik pemerintah daerah maupun desa. Untuk pasar milik pemerintah daerah yang berada di Kecamatan Kroya tercatat ada 1 buah, sedangkan pasar milik desa sebanyak 10 buah, selain itu terdapat beberapa swalayan yang juga menopang perekonomian di kroya. Ditinjau dari segi pendidikan, tingkat pendidikan masyarakat Kecamatan Kroya tergolong tinggi. Hal ini karena didukung fasilitas pendidikan yang memadai, yaitu meliputi : 85 buah SD / MI, 15 buah SLTP / MTs dan 6 SLTA, 3 SMK, 1 Akademi, dan 7 Pondok Pesantren. Pendidikan informal yang ada di Kroya meliputi; LPK Bahasa (24), Komputer (3), Menjahit (6), Sopir/Montir (3), dan lainnya (18). Jumlah Prasarana Kesehatan yang ada di Kecamatan Kroya terdiri dari 2 buah Puskesmas, 10 Puskesmas Pembantu, 11 Polindes, dan 108 Posyandu.

Kecamatan Kroya memiliki 17 kelurahan / desa yang meliputi :
Ayamalas ·Bajing  ·Bajing Kulon ·Buntu ·Gentasari  · Karangmangu ·Karangturi ·Kedawung · Kroya ·Mergawati · Mujur ·Mujur Lor · Pekuncen· Pesanggrahan ·Pucung Kidul. Pucung Lor· Sikampuh .

 Semoga informasi ini bisa bermanfaat yaa ^_^

Ditulis Oleh : yeny prastiyani // 23.56
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.